QUIZ 1 PBKK

Nama : Glenaya

NRP : 5025211202

Kelas : Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (B)


QUIZ 1 PBKK


1.  Jelaskan struktur framework dan apa saja kegunaannya dalam pengembangan perangkat lunak?

Jawab :

Framework adalah kerangka kerja untuk mengembangkan aplikasi berbasis website maupun dekstop. Kerangka kerja di sini sangat membantu developer dalam menuliskan sebuah kode program dengan lebih terstruktur dan tersusun rapi.

Struktur Framework terdiri atas :

  • Direktori root, berisi segala direktori atau berkas yang terkait dengan suatu project.
  • Direktori framework, berisi komponen-komponen framework itu sendiri.
  • Direktori sumber daya, berisi sumber daya/aset seperti berkas css, js, dan gambar.
  • Direktori aplikasi, tempat pengembang menyimpan kode sumber untuk aplikasi mereka, termasuk di dalamnya:
    1. Direktori konfigurasi aplikasi.
    2. Direktori-direktori sesuai paradigma yang digunakan, contoh: MVC (Model-View-Controller).
    3. Direktori library, helper.
    4. Direktori utilitas lain seperti: middleware, log, testing

Kegunaan frameworkd pada pengembangan perangkat lunak :

  • Kode program lebih terstruktur
  • Membantu kinerja dari developer
  • Meningkatkan kemanan perangkat lunak
  • Pemeliharaan dan dokumentasi dari website lebih mudah
  • Mempercepat dalam proses pembuatan website

2. Dalam pembuatan aplikasi, pertimbangan apa saja ketika memilih metode implementasi Winform, WPF, ataupun UWP. Jelaskan perbedaan masing - masing!

Jawab :

a. Windows Forms (WinForms):

  • WinForms adalah teknologi yang lebih tua yang menyediakan kerangka kerja untuk membuat antarmuka pengguna Windows berbasis formulir.
  • Cocok untuk aplikasi desktop yang sederhana, terutama ketika waktu pengembangan menjadi faktor penting.
  • Menyediakan pengembangan yang relatif cepat dan mudah dipelajari bagi pengembang baru. Terutama digunakan untuk aplikasi Windows desktop tradisional.
  1. b. Windows Presentation Foundation (WPF):
  • WPF adalah teknologi yang lebih canggih yang memungkinkan pengembang untuk membuat antarmuka pengguna yang kaya dan menarik secara visual.
  • Memberikan kemampuan desain yang lebih fleksibel dan meningkatkan kemampuan multimedia dan grafis.
  • Cocok untuk aplikasi desktop yang membutuhkan antarmuka yang menarik dan kompleksitas yang lebih tinggi, seperti aplikasi bisnis yang memerlukan tampilan data yang kompleks.
  • Memiliki kemampuan yang lebih baik untuk memisahkan antarmuka pengguna dari logika aplikasi.
c. Universal Windows Platform (UWP):
  • UWP adalah platform yang lebih modern yang memungkinkan Anda untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, ponsel, Xbox, dan lainnya.
  • Memberikan pengalaman pengguna yang seragam di berbagai perangkat dengan tampilan dan fungsionalitas yang dapat disesuaikan.
  • Cocok untuk aplikasi yang ingin menjangkau berbagai perangkat Windows dan memanfaatkan fungsionalitas platform Windows terbaru.
  • Mempunyai integrasi yang lebih baik dengan fitur-fitur Windows 10 seperti Cortana, Live Tiles, dan lainnya.

3. Untuk memperjelas jawaban no 2, Buatlah screenshot aplikasi yang pernah dibuat, beserta deskripsi dan link tugas yang pernah dikerjakan mengenai Winform, WPF dan UWP

Jawab :

1. Winform
  • Calculator
Deskripsi : Tugas pertama mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK) ini adalah membuat aplikasi desktop berupa sebuah kalkulator sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# dan kerangka kerja untuk aplikasi windows, yaitu .NET Framework.

Screenshot

Link Tugas : https://glenaya.blogspot.com/2023/09/tugas-1-pbkk.html

  •     Media Capture
Deskripsi : Pada tugas 2 mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK), saya diminta untuk membuat aplikasi media capture menggunakan bahasa pemrograman C# dan kerangka kerja .Net. Pada aplikasi ini, pengguna dapat membuka perangkat kamera yang terhubung dengan device pengguna. Selain itu pengguna juga dapat mengambil foto dan menyimpan foto tersebut ke device


2. WPF
  • Name List
Deskripsi : Pada tugas 3 mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK) diminta untuk mengembangkan sebuah aplikasi sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# serta framework WPF dan .NET. Dalam aplikasi ini pengguna dapat menginput nama-nama kemudian menyimpannya dalam daftar nama yang dapat dilihat.

Screenshot :

  

  • Dashboard
Deskripsi : Pada tugas 3 mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK) diminta untuk membuat dashboard sederhana menggunakan bahasa pemrograman C# serta framework WPF dan .NET. Dalam aplikasi ini diperlihatkan design UI sederhana.

Screenshot :


3. UWP
  • Photolab
Deskripsi : Pada tugas 4 mata kuliah Pemrograman Berbasis Kerangka Kerja (PBKK) diminta untuk membuat PhotoLab-UWP. UWP (Universal Windows Platform) merupakan kerangka pengembangan dalam ekosistem .NET yang memberikan kemampuan luar biasa kepada pengembang. Dengan UWP, pengembang dapat menciptakan aplikasi lintas platform yang berfungsi dengan baik di berbagai perangkat Windows, termasuk PC, tablet, smartphone, dan perangkat lainnya. Keunggulan UWP meliputi tampilan responsif, integrasi sistem operasi, serta dukungan untuk beragam perangkat keras. Ini memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman seragam dan konsisten di seluruh perangkat Windows yang mereka gunakan, menciptakan aplikasi yang lebih fleksibel dan mudah diakses untuk berbagai pengguna.

Screenshot :



4. Apa yang dimaksud dengan aplikasi Rich UI. Buatlah aplikasi Rich UI yang berguna dalam kehidupan sehari hari, misal Animasi Clock, aplikasi cuaca, pemantauan kesehatan. Buat design UI nya..

Jawab :
Rich UI adalah singkatan dari "Rich User Interface," yang dalam konteks pengembangan perangkat lunak mengacu pada antarmuka pengguna (UI) yang kaya, menarik, dan seringkali canggih. Antarmuka pengguna yang kaya ini menyediakan pengalaman visual dan interaktif yang lebih baik bagi pengguna akhir, seringkali melibatkan elemen-elemen seperti grafis yang canggih, animasi, efek transisi, dan elemen UI yang terlihat menarik.

Rencana Design UI :




5. Implementasi soal no.4, kemudian buat video tutorial pengerjaannya, upload di youtube dan embedded di blog dokumentasi
Jawab :

Comments

Popular posts from this blog

Tugas 3 PBKK (Dashboard)

QUIZ 2 PBKK